√ Wisata Mangrove Desa Anak Setatah - Dosen Raun
Diberdayakan oleh Blogger.

Wisata Mangrove Desa Anak Setatah

Desa Anak Setatah adalah salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Sebagai daerah yang terletak di pesisir, mangrove adalah salah satu potensi yang patut untuk dikembangkan, khususnya sebagai daerah tujuan ekowisata.

Wisata mangrove Desa Anak Setatah dapat dijangkau dengan menggunakan "kempang". Dari Selatpanjang, desa Anak Setatah dapat dicapai selama lebih kurang 10 menit. 

Kempang

Wisata mangrove Desa Anak Setatah, dipelopori oleh Pak Kadarsiono dan keluarganya. Keprihatinannya akan abrasi yang terjadi di desanya, membuat Pak Kadarsiono menginisiasi kelompok pelestarian mangrove dengan mencari bibit, memulai penyemaian bibit hingga menanam.

 

Mangrove Desa Anak Setatah
 

Di masa awal memulai usaha pelestariannya, Pak Kadarsiono banyak mendapatkan cemoohan dan stigma negatif. Banyak yang merasa bahwa kegiatan yang dilakukannya adalah usaha yang sia-sia. Kegigihan dan kesabaran yang ditunjukkan oleh Pak Kadarsiono pun akhirnya membuahkan hasil nyata. Kini, selain membantu melindungi desanya dari hempasan ombak, ekowisata mangrove Desa Anak Setatah telah dikenal dan memberikan tambahan ekonomi bagi masyarakat desa.


Get notifications from this blog